Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah 'Unicorn' Dalam Bisnis Startup?

Rona Febriana - 'Unicorn' dalam bisnis startup bukan sebuah mahluk mitologi kuda bercula ya teman-teman hihihi. Kita tahu bahwa sekarang sudah masuk Era Industri 4.0. Apa itu Industri 4.0? Silahkan baca Apa itu Industri 4.0?
Kita semua tahu bahwa perkembangan startup di Indonesia saat ini sangat pesat sekali, karena memang pengguna internet pun terus bertambah. Apalagi katanya akhir tahun ini seluruh wilayah Indonesia akan bisa menggunakan jaringan 4G.
Kembali ke topik apa itu Unicorn yang kemarin dibahas saat Debat Capres 2019? Berikut penjelasan Unicorn dalam istilah bisnis Startup.



Unicorn adalah istilah yang diberikan kepada perusahaan startup dengan nilai valuasi diatas $1 Miliar atau setara dengan Rp14,1 Triliun. Di Indonesia sendiri tercatat baru 4 Perusahaan yang bisa disebut 'Unicorn'. Karena memang tak mudah menjadi perusahaan Unicorn ini, perlu kerja keras dan tekun serta kerja sama tim untuk mencapai tujuannya. Berikut ini beberapa perusahaan Unicorn di Indonesia.

1. GO-JEK

Gojek adalah aplikasi yang didirikan oleh Nadiem Makariem pada tahun 2010. Perusahaan yang satu ini bergerak dari bidang transportasi online. Gojek mendapat Unicorn setelah 6 tahun berdiri. Pencapaian ini juga cukup membanggakan, karena Gojek adalah perusahaan pertama yang mendapat julukan Unicorn. Diketahui saat ini Gojek memiliki Nilai valuasi sebesar $4 Miliar atau setara dengan Rp56 Triliun. WOW



2. TOKOPEDIA

Tokopedia bergerak pada bidang marketplace yang didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya pada tahun 2009. Tokopedia mendapat pendaan dari Alibaba Group sebesar $1,1 Miliar pada tahun 2017.
Sebelumnya Tokopedia juga mendapat pendaan dari Softbang Japan sebesar $100 Juta dan dari Sequoia Capital.

3. TRAVELOKA

Traveloka adalah perusahaan Indonesia yang bergerak dibidang penjualan tiket online. Perusahaan yang didirikan oleh Fery Unardi dan rekannya pada tahun 2012 ini mendapat julukan Unicorn pada tahun 2017. Mendapat pendanaa sebesar $350 Juta dari Expedia. Walaupun sebagai perusahaan ke 3 yang mendapat Unicorn, Traveloka adalah perusahaan tercepat dalam mendapat julukan Unicorn, yaitu hanya 5 tahun.



4. BUKALAPAK

Bukalapak adalah perusahaan yang bergerak dibidang marketplace seperti halnya TOKOPEDIA. Perusahaan ini didirikan oleh Ahmad Zaky dan rekannya pada tahun 2011. Bukalapak saat ini sedang mendorong bisnis UKM Indonesia agar lebih maju dan lebih berkontribusi untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

BACA JUGA : Tagar #Uninstallbukalapak Ramai. Ada apa?

Dengan banyaknya Unicorn asal Indonesia, hal ini bisa membuat tertariknya investor-investor untuk menanamkan modalnya di startup Unicorn tersebut. Semoga dengan begitu, ekonomi Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya.
Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga bermanfaat yaa..

Baca juga artikel saya yang lain

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel