Kok Bisa Robot Buatan Manusia Lebih Pintar Dari Penciptanya ? Inilah Artificial Intelligence

Rona Febriana - Bernah berpikir kenapa komputer lebih cerdas dari manusia? kenapa game bisa berkompetisi dengan kalian? Jadi apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Jika mengutip dari Wikipedia AI adalah Kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.[1] Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika

Lalu Apa Tujuan AI Diciptakan?

Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan kita membuat AI itu ada 3 yaitu :


1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama). Misal kita ambil contoh komputer, mesin itu dibuat yang awal mulanya hanya bisa digunakan untuk mengetik begitu dikembangkan fungsinya sehingga dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti bermain game, mulitmedia, editing, dll.

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah). Seiring dengan laju perkembangan teknologi dengan diciptakannya artificial intelligence itu sendiri dianggap mampu membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan lebih teliti.

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial). Keadaan AI pada mesin dapat meningkatkan akurasi pemrosesan. Hal ini tentunya membuat pekerjaan pun menjadi lebih ringan dan dapat memberikan hasil secara maksimal.


Apa Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan AI?


Kelebihan :

1. AI bersifat permanen
Maksudnya adalah AI ini bisa digunakan secara berulang-ulang.

2. AI bersifat konsisten dan teliti
Jadi kecerdasan AI ini tidak akan pernah berkurang

3. AI mempermudah pekerjaan kita
Tak dipungkiri, robot jaman sekarang sangat diperlukan.


Kelemahan :

1. AI tidak mempunyai common sense
Common sense adalah sesuatu yang membuat kita tidak hanya memproses informasi, melainkan kita juga harus mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh manusia.

2. Kecerdasan AI terbatas pada apa yang diberikan kepadanya
Kecerdasan AI pun ternyata terbatas, kecerdasannya tergantung apa yang diberikan kepadanya. Contoh AI tidak akan bisa mengerti ketika mendeteksi bahasa Yunani, jika tidak ada sistem didalamnya.


Peran-peran AI dalam berbagai bidang


1. Game

Ketika bermain game, kita memerintahkan sesuatu maka AI ini akan menjalankan tugasnya. Contoh game seperti Halo, Crysis, dll. Dalam game tersebut memiliki AI nya masing-masing. Jadi bisa dikatakan AI dalam AI.


2. Pendidikan

Ketika kita ingin mencari sesuatu pasti mencarinya di Google, jarang sekali menggunakan buku. Kenapa? karena lebih praktis dan mudah. Artinya peran AI ini sudah digunakan untuk pendidikan.


3. Keamanan

AI juga bisa dipakai untuk militer. Mungkin setelah mempertimbangkan WW1 WW2 dulu, nyawa manusia sekarang lebih diperhatikan dalam perang, makanya dibuat aneka kendaraan dan senjata dengan bantuan AI agar nyawa para prajurit lebih aman. Contohnya UAV ini


4. Perfilman

Selain digunakan dalam pembuatan film. AI juga sering diangkat menjadi sebuah film, seperti IronMan, Transformer, Dll.


5. Industri

AI juga digunakan dibidang Industri, seperti pemanfaatan robot untuk keperluan merangkai mesin. Jelas AI ini sangat berguna dibidang industri.

Nah itu penjelasan sedikit tentang AI. Bagaimanapun juga AI diciptakan oleh manusia, jadi jangan terlalu bergantung pada AI, namun kita bekerja sama dengan AI ini.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat yaa

Baca juga artikel saya yang lain

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel