Tagar Uninstall Bukalapak Menjadi Trending dan Netizen Terbelah. Ada Apa?

Sumber gambar : mojok
Akibat Tagar Uninstall Bukalapak Netizen Terbelah? - Media sosial twitter sedang ramai dengan tagar #Uninstallbukalapak . Mungkin sebagian orang tidak tahu sebenarnya ada apa? . Keramaian tagar #uninstallbukalapak berawal dari twit CEO bukalapak, Ahmad Zaky yang dianggap memihak salah satu pasangan calon presiden 2019.
Dalam kicauan yang telah ia hapus itu menyebutkan bahwa industri 4.0 hanya omong kosong. Karena ia merasa R&D (Research and Development) Indonesia tertinggal jauh oleh negara-negara lain.


Diakhir cuitannya itu terdapat kata-kata "Mudah2an presiden baru bisa naikin" Ini yang menjadi kontroversial. Netizen menganggap Ahmad Zaky memihak salah satu pasangan calon presiden. Ahmad Zaky dan Bukalapak lantas mengeluarkan permintaan maaf atas cuitannya itu, dan menjelaskan tidak ada maksud untuk mendukung salah satu capres dan cawapres tertentu. Ucapan terima kasih dia berikan atas dukungan dan kebijakan pemerintah Indonesia yang selama ini diberikan terhadap bukalapak.
Sumber gambar : gudrilogo.blogspot.com


Tapi mari kita keluar dari permasalahan tersebut. Apakah kalian tau fakta-fakta tentang bukalapak? Berikut ini beberapa fakta tentang bukalapak yang jarang diketahui orang.


1. Bukalapak Lahir Dari Penolakan Kerja
Sumber gambar : liputan6

CEO Bukalapak, Ahmad Zaky, yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak langsung membuat Bukalapak ini selepas lulus kuliah. Dia sempat melamar ke beberapa perusahaan namun akhirnya ditolak. Tapi dia tidak menyerah, lantas ia menciptakan platform belanja online yang sering kita sebut "Bukalapak". Zaky mengatakan bahwa penolakan kerja nya itu membawa berkah, yang akhirnya mengantarkan dia ke passion sejatinya.


2. Bukalapak Lahir di Sebuah Kos-Kosan
Sumber gambar : joglosemarnews.com

Bukalapak memang diciptakan oleh Zaky dan Temannya disebuah rumah kos. Saat itu Zaky membuat bukalapak atas dasar kesenangan saja. Meski tak di gaji dan tak dibayar, dia melakukannya dengan sepenuh hati. Zaky memang orang yang gemar mengotak-atik teknologi. Bukalapak yang dirintis disebuah rumah kos perlahan mulai tumbuh menjadi bisnis yang besar.


3. Bukalapak Hanya Bermodal Rp80 Ribu
Sumber gambar : komunitas.bukalapak.com

Sebelum membuat Bukalapak, Zaky melakukan riset terlebih dahulu kepada 100 website. Dan ternyata 99 persen buatan luar negeri. Dan muncul dipikirannya untuk membuat produk internet karya anak negeri. Dalam membuat platform bukalapak, dia hanya mengeluarkan Rp80 ribu untuk membeli domain, karena tidak punya banyak modal saat itu, Zaky hanya membeli domain dengan nama Bukalapak.


4. Visi Bukalapak Simple Tapi Bersahaja

Sumber gambar : teknobot.xyz
Tidak banyak organisasi bisnis yang berani menyatakan visi se-simple ini. Tetapi bukalapak dengan visi sederhana, berani bersaing didunia bisnis marketplace online Indoensia. Untuk misinya, Bukalapak menekankan kepada para UKM untuk menunjukan taji nya. Melihat hal ini, Bukalapak sangat memperhatikan UKM hinga ke pelosok sekalipun.

Nah itulah beberapa fakta dari Bukalapak. Terlepas dari konflik #UninstallBukalapak, mari kita jadikan inspirasi bagaimana Bukalapak ini diciptakan. Yang hanya bermodal Rp80 ribu hingga sekarang sudah menghasilkan bermilyar-milyar.

Terima kasih sudah mampir ke blog saya, semoga bermanfaat yaaa

Baca juga artikel saya yang lain

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel