Apa Yang Terjadi Jika Bumi Di Bor Sampai Tembus Kesisi Lainnya?



Apa Yang Terjadi Jika Bumi Dibor Sampai Tembus? - Pertanyaan ini sangat unik dan juga membuat kita penasaran yaaa. Bagaimana jika bumi dibor sampai tembus? hhmmm cukup sulit untuk menjawab pertanyaan ini. Karena pertanyaan ini biasanya timbul dari orang-orang yang rasa ingin tahunya tinggi.



Tapi sebenarnya secara logika memang masuk akal jika kita mencoba menembuskan benda bulat. Tetapi logika kita bisa kalah ketika benda itu bumi. Karena bumi tidak kecil, butuh seberapa panjang besi untuk menembus bumi?

Sebelum kita menjawabnya, mari kita ingat kembali bahwa untuk menembus bumi sangatlah tidak mungkin. Entah pada zaman sekarang atau zaman dimasa depan yang teknologinya akan semakin canggih. Tapi rasanya sangat mustahil. Kenapa? berikut penjelasannya.


DIAMETER BUMI

Kita tahu bahwa bumi berbentuk bulat, walaupun ada yang mengatakan bahwa bumi itu datar. Tapi disini kita menggunakan teori bumi itu bulat yaa. Ibaratnya seperti kita menusuk bakso, ketika kita menusuk sebuah bakso maka kayunya akan menembus baso itu dan akan muncul di sisi lain basonya.

Nah sedangkan panjang diameter bumi itu kurang lebih sepanjang 12.756 kilometer atau lebih dari 12 juta meter. Artinyaa, kita harus menyiapkan besi untuk mengebornya sepanjang 12 juta meter. Wkwkwk segimana panjangnya ituuuuu.

BAGIAN DALAM BUMI

Mengebor bumi hingga tembus nampaknya cukup mustahil, karena kita tahu bahwa bagian dalam inti bumi sangatlah panas. Inti bumi terdiri dari nikel beku sepanjang 1.370 km, dan juga suhunya sangat panas, apakah kalian tahu berapa suhu bagian inti bumi? suhu bagian inti bumi yaitu 4000 derajat C. Sangat panas sekali bukan!!

Tidak sampai disitu, sebelum masuk ke bagian inti bumi disana ada lapisan luar inti bumi yang panasnya mencapai 3700 Derajat C. Dan juga ada sebuah lapisan paling luar dari bagian inti yaitu 1000 Derajat C. Yakin besi gak bakal meleleh?


TEORI ANTIPODE
sumber kaskus

Apakah kalian tahu apa itu Antipode? mungkin sedikit sekali yang mengetahuinya. Antipode adalah dua tempat yang terletak dibelahan bumi yang berlawanan. Titik antipode ditentukan oleh garis yang membelah tengah bumi secara lurus.

Teori ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, dan juga sering digunakan oleh orang tua zaman dahulu. Ceritanya, jika kita berdiri di Amerika dan menggali tepat dibawah kaki kita berdiri, maka akan tembus ke China.

Ketika seorang anak di Amerika menggali tanah, orang tuanya akan marah-marah sembari bilang "Hey nak! berhentilah menggali sampai ke China, ayo cepat bersihkan dirimu". Sampai sini sudah paham apa itu titik Antipode?

Tapi bagaimana kenyataannya? apakah benar titik antipode Amerika adalah China? Faktanya adalah jika kita menggali dari Amerika, maka akan tembuh ke arah Eropa sekitar Prancis. Dan China akan tembus ke Amerika tetapi bagian selatan disekitar Argentina, Chile, Uruguay, dan Brazil.

Nah sebagai orang Indonesia, kita juga pengen tau dong titik Antipode Indonesia itu dimana? Penasaran gak? okeyyy, Jika kita menggali dari Jakarta, maka akan tembus ke Bogota, kolombia. Jika sial maka kita akan nongol diantara kartel kolombia yang sedang tembak menembak wkwkwk. Tapi jika sedang beruntung, kita bisa tembus ke kamar mandi Miss Universe Kolombia, Hahahaha.

Tapi nyatanya sampai saat ini tidak ada yang sanggup menggali ataupun menembus titik Antipode itu. Sungguh mustahil memang, tapi bukan tidak mungkin juga jika suatu saat ada teknologi yang bisa menembus bumi.


APA YANG TERJADI JIKA KITA MELOMPAT MENEMBUS ANTIPODE?

Apa yang terjadi jika kita melompat pada sebuah lubang antipode yang menghubungkan 2 tempat yang berlawanan dibumi? Tapi tapi tapi, siapa yang mau melakukan itu? wkwk. Jelas tidak ada yang mau. Karena itu bisa membuat kamu terbunuh secara mengerikan. Kenapa? Karena untuk menembus bumi hingga menemukan titik Antipode, kita akan melewati inti bumi yang panasnya 4000 derajat C. Manusia mana yang tahan dengan panas seperti itu?

Oke kita anggap ada ilmuan yang nekat melakukan itu, dan lihat apa saja yang akan dia dapatkan saat masuk menembus bumi.

#1. Melewati Panas Inti Bumi
Sudah dijelaskan tadi bahwa seorang yang nekat menembus bumi, akan hangus dalam sekejap. Karena panas inti bumi yang super super super panas, yaitu 4000 derajat C. Jangankan sampai inti bumi, sampai dikulit bumi saja yang panasnya 1000 derajat C, sudah gosong. Hmmmm

#2. Menabrak Magma Pada Permukaan Bumi
Jika kalian selamat melewati panasnya inti bumi, maka kalian akan menabrakn magma pada permukaan bumi. Dimana sedikit sekali kemungkinan kalian untuk hidup setelah melakukan aksi ini.

Itu hanya sebuah simulasi jika memang ada seseorang yang nekat melakukan penelitian seperti itu. Nyatanya belum ada yang bisa menembus bumi hingga menemukan titik Antipodenya. Karena itu sangat mustahil, benar-benar mustahil.

PENGEBORAN BUMI TERDALAM

Sampai saat ini pengeboran bumi hanya untuk kebutuhan minyak bumi. Bukan untuk penelitian menembus bumi hahaha. Manusia sudah mengebor sampai kulit bumi, tetapi belum sampai inti bumi. Dan itu masih jadi misteri sampai saat ini.

Pengeboran minyak bumi 'biasanya' tidak terlalu dalam, yaitu sekitar 6000 Meter, minyak sudah ditemukan. Pengeboran terdalam yang pernah dilakukan manusia adalah oleh Rusia. Pengeboran dimulai pada tahun 1970 hingga tahun 1994 dan mencapai kedalaman 12.262 meter. Teknik yang digunakan bukan dengan memutar besi, tetapi menekannya sedikit demi sedikit sampai keluar lumpur.

Pada awalnya tujuan Rusia dalam pengeboran adalah 15.000 meter, tetapi gagal. Karena pada titik itu panasnya mencapai 300 derajat C atau bahkan lebih tinggi lagi. Sehingga membuat alat bor tidak kuat untuk menembusnya.

PENUTUP

Gak kerasa nih udah diujung tulisan, makasih banget buat kalian yang udah baca sampe selesai. Semoga bermanfaat yaa kawan-kawan.

Kesimpulannya adalah manusia sudah bisa mengebor bumi sampai 12.000 meter, sedangkan diameter bumi 12 juta meter. Artinya, masih satu berbanding seribu Wkwkwkwkwk. Tapi apakah suatu saat manusia bisa menembus bumi dan menemukan titik antipodenya?

Terima kasih sudah mampir kawan-kawan, jangan lupa kasih komentarnya setelah kalian membaca tulisan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel