Tips Menjadi Sukses Tanpa Kuliah Seperti Jack Ma, Orang Terkaya di China

Jack ma orang terkaya
Rona Febriana - Siapa disini yang tidak kenal Jack Ma ? Seorang pengusaha Cina yang awalnya bukan siapa-siapa, dan sekarang menjadi orang terkaya di Cina. Perlu diketahui bahwa JackMa terlahir dari keluarga kurang mampu, tetapi itu tidak menghambat semangat beliau untuk menjadi orang sukses. Jack Ma adalah pendiri dan Ketua Eksekutif Alibaba Group. Dimulai dari minatnya terhadap Inggris yang mendorong dia bergaul dengan orang asing ketika berada di Cina.

 SIAPA JACK MA ?
sumber : thefamouspeople

Dikutip dari Infobiografi, Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pembisnis dari Tiongkok, dia merupakan pendiri atau CEO dari alibaba.com yaitu sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok dan Sekarang ia menjadi Chairman Eksekutif Alibaba Group. Sebelum mendirikan alibaba.com yang membuat ia masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, ia dulu adalah seorang guru bahasa inggris di Tiongkok.

Sebelum menjadi guru bahasa inggris, dia pernah mendaftar berpuluh-puluh kali pekerjaan namun ditolak bahkan waktu itu ia mencoba mendaftar menjadi karyawan KFC, dari 27 orang pendaftar hanya dialah orang satu-satunya yang tidak diterima. Ia melamar di 30 perusaahn namun semua menolaknya, kemudian ia berubah haluan menjadi seorang guru bahasa inggris karena selain fasih bahasa mandarin ia fasih berbahasa inggris denga gaji sekitar $12 hingga $15 per bulannya.

Berikut Profil Singkat Jack Ma :
Nama : Jack Ma/ Ma Yun
Lahir : 10 September 1964, Hangzhou, Zhejiang, China
Tempat tinggal : Zhejiang, China
Kebangsaan : China
Pekerjaan : Former Chairman and CEO Alibaba Group

KISAH SUKSES JACK MA

Kesuksesan yang dia dapat hari ini adalah betul-betul hasil kerja keras dia. Dia terlahir dari keluarga sederhana. Ia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ia dan saudaranya hidup dalam keluarga yang kurang mampu. Pada saat itu, Orangtua mereka hanya bekerja sebagai pemusik dan pendongeng tradisional di Tiongkok.

Jack Ma mengalami berbagai masalah dan rintangan dalam hidupnya. Jack Ma sering di tolak di setiap sekolah, dimana Ia ingin belajar. Bahkan pada saat sekolah dasar, Ia sudah menerima penolakan karena nilai ujian matematikanya tidak begitu baik tai ia tidak menyerah.

Mulai Dengan Tertarik Terhadap Bahasa Inggris

Jack Ma mulai tertarik bahasa inggris pada saat umur 12 tahun. Karena minat yang sangat menggunung, dia rela bersepeda setiap hari dengan menghabiskan waktu 40 menit, melawan deras hujan dan salju menuju ke hotel di daerah Hangzhou. Di situ ada banyak wisatawan asing, dan Jack menggunakan kesempatan itu menjadi pemandu tour secara gratis, dengan satu tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Dia melakukan pekerjaan itu selama 8 tahun. Dan itu benar-benar membuat dia berpikiran lebih luas dibanding orang lain. Dia berkata bahwa "Ilmu yang saya dapatkan dari wisatawan sangat berbeda dibanding yang saya dapatkan disekolah".

Ditolak Berkali-kali Saat Ujian dan Melamar Kerja 

JackMa mengalami kesulitan ketika hendak meneruskan pendidikan. Ia ditolak 2 kali hingga akhirnya diterima di Hangzhou Teachers Univesity, universitas dikotanya. Cita-cita dia pada saat itu adalah menjadi guru bahasa inggris.

Jack Ma adalah satu-satunya lulusan yang ditugaskan mengajar di universitas dari 500 lulusan, dengan gaji 100 sampai 200 renminbi sebulan atau sekitar 15.000 – 18.000 rupiah. Dia kemudian ingin mencoba hal baru, dan ketika Cina sedang berkembang, Jack melamar pekerjaan lain. Sayangnya, semua 30 lamaran pekerjaannya ditolak.

Mendirikan dan Perjalanan Alibaba.com

Dikutip dari InforBiografi, Pada tahun 1999 dengan dibantu 17 temannya di Hangzhou, Jack Ma mendirikan Alibaba.com yaitu situs e-commerce yang mempertemukan antara supplier dan customer berskala global.

Nama Alibaba sendiri, Ia dapatkan saat Ia sedang berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco untuk berpikir tentang nama perusahaan yang tepat bagi perusahaannya, namun nama itu mudah dikenal orang. Kemudian Ia terpikir nama Alibaba. Lalu Jack Ma mulai menanyakan nama tersebut pada pelayan di kedai kopi tersebut, Ia bertanya “Apa yang kamu ketahui tentang Alibaba?”, pelayan itu menjawab “Alibaba dan 40 pencuri”.  Ia terus bertanya pada beberapa orang mengenai Alibaba tersebut, dan semua orang menjawab tahu tentang Alibaba. Nama Alibaba tersebut kemudian Ia gunakan sebagai nama perusahaannya karena mudah dieja, mudah diingat dan telah diketahui secara global.

Pada Mei 2003, Alibaba mendirikan Taobao yaitu sebuah situs belanja yang memiliki fungsi hampir mirip dengan eBay yaitu penguasa online shopping di Tiongkok saat itu. Ada yang mengatakan bahwa tujuan didirikannya Taobao ini untuk menyaingi eBay tersebut. Untuk menyaingi eBay, Ma menggratiskan transaksi penjualan di Taobao, baik dari penjual maupun pembeli. Hal tersebut berhasil Ia lakukan, terbukti saat konferensi pers pada Oktober 2005, Ma mengatakan bahwa Taobao berhasil menguasai 70% pangsa pasar online shopping di Tiongkok dan pada tahun 2006 eBay meninggalkan pasar online Tiongkok.

Pada Mei 2009, Ma mendapat penghargaan oleh Time Magazine, Ia masuk dalam 100 orang paling berpengaruh dunia. Ia juga masuk dalam daftar 10 pengusaha yang paling disegani di Tiongkok pada Majalah Forbes. Pada bulan Juni 2011, Ma memutuskan bahwa Taobao akan di bagi menjadi 3 perusahaan yang berbeda yakni Taobao Mall, Taobao Marketplace, dan eTao.

Pada tahun 2013, Jack Ma mengundurkan diri dari CEO Alibaba dan digantikan Jonathan Lu. Setelah mengundurkan dirinya, kini Ia menjabat sebagai Chairman Eksekutif Alibaba.

Pada Agustus 2014, Alibaba melakukan IPO atau Initial Public Offering di bursa saham Amerika Serikat. Initial Public Offering yang dilakukan oleh Alibaba di bursa saham New York mencetak rekor dunia. Nilai perusahaan Alibaba mencapai US$162,7 miliar dengan perkiraan harga sekitar US$66 per lembar saham. Hal tersebut menempatkan Alibaba sebagai perusahaan internet terbesar ketiga yang tercatat di pasar saham setelah Google dan Facebook.
  

NASIHAT JACK MA UNTUK PENGUSAHA MUDA
theneweconomy.com

Dikutip dari diedit.com, Dalam satu acara televisi pada bulan Mei 2015 yang ditayangkan oleh KBS di Korea Selatan, pendiri Grup Alibaba, Jack Ma berbicara kepada pemuda dan rakyat Korea selatan yang bersemangat kewirausahaan tentang bagaimana cara untuk sukses di dalam. Dia juga sempat memberitahu kekesalan yang ia alami. Menurut Jack, kita memiliki waktu dan perjalanan hidup yang kita akan tempuh; itu dimulai saat usia kita 20 tahun, sampai usia kita mencapai 60 tahun. Inilah nasihat beliau:

1. Sebelum anda mencapai umur 20 tahun, jadilah seorang pelajar yang baik

Menjadi siswa yang baik sebelum berumur 20 tahun menunjukkan Anda dapat mengikuti petunjuk atasan dengan baik. Sifat ini harus ada dalam diri karena Anda akan menempuh lebih banyak tantangan dan cobaan dalam hidup serta bisnis. Jadikan itu sesuatu yang harus ada dalam diri sehingga Anda dapat membuat keputusan yang bijak jika dilanda masalah.

2. Sebelum anda mencapai umur 30 tahun, ikut seseorang

Kerja di perusahaan yang kecil. Biasanya di perusahaan yang besar, bagus untuk belajar cara untuk memproses, karena Anda seolah-olah bagian dari mesin yang besar. Tapi jika Anda bekerja di perusahaan kecil, Anda akan belajar tentang minat dan impian. Anda akan belajar dengan banyak. Jadi, sebelum usia 30 tahun, yang penting adalah bukan perusahaan mana Anda harus bekerja, tetapi bos yang macam mana yang Anda harus ikuti. Bos yang baik akan melatih Anda dengan cara yang berbeda.

 

3. Di antara umur 30 dan 40 tahun, Anda harus berpikir dengan jelas apakah Anda ingin bekerja untuk diri sendiri, atau Anda ingin menjadi seorang pengusaha

Keputusan harus dibuat ketika di fase usia ini. Jika Anda tak yakin, anda harus menemukan jawaban dengan cepat. Karena di fase ini sangatlah penting untuk Anda tahu ke mana energi dan usaha Anda harus diarahkan untuk mencapai apa yang Anda target.

 

4. Bila usia Anda diantara 40 dan 50 tahun, Anda harus lakukan hal yang sudah dikuasai

Jangan mencoba untuk mengubah arah, karena ini sudah terlalu lambat. Anda mungkin akan berhasil, tapi kemungkinan untuk gagal juga tinggi. Jadi ketika Anda berumur 40 sampai 50 tahun, pikirkan bagaimana Anda dapat fokus pada keahlian Anda.

5. Bila usia Anda melewati 60 tahun, luangkan waktu untuk diri Anda sendiri

Rehat, beli benda yang anda suka, berkebun, pergi ke pantai. Sudah terlalu lambat untuk berubah. Ini saran dari Jack Ma untuk pemuda remaja. Umum 25 tahun, lakukan apa saja kesalahan. Jangan risau. Anda jatuh, Anda bangun, dan Anda jatuh lagi..nikmati semua itu .. Anda baru berumur 25 tahun, nikmati hidup Anda.

 

Penyesalan

Saya memiliki banyak penyesalan. Saya menyesal bertemu dengan media. Saya menyesal berbicara di depan umum. Karena saya harus punya privasi saya. Saya menyesal bekerja terlalu kuat dan luangkan waktu yang sangat sedikit bersama keluarga saya. Dan jika saya memiliki hidup yang lain, saya tidak akan lakukan apa yang telah saya lakukan sekarang. Istri saya mengatakan kepada saya, ‘kamu bukan milik saya, kamu milik Alibaba’.
Namun, hidup itu singkat. Ini semua tentang pengalaman. Pandangan orang lain. Seseorang mengira Anda kaya, Anda melakukannya, tapi itu tidak benar. Beberapa orang mengatakan orang ini tidak memiliki uang, orang jahat, tapi mungkin juga tidak benar. Semua orang memilih hidup mereka sendiri.
Saya menangis karena kita memiliki terlalu banyak masalah sehingga tidak ada yang bisa membayangkannya. Saya memimpin sebuah perusahaan dengan 4000 orang muda, beroperasi untuk lebih dari 500 juta pengguna. Jika ada 1 persen orang jahat dari 500 juta, Anda berurusan dengan 5 juta orang jahat. Ini sangat menyakitkan dan memusingkan kepala.
Tapi sudah terlambat untuk menyesal, lupakan penyesalan. Saya hanya berpikir, saya masih mempunyai 10 hingga 20 tahun lagi untuk hidup, jadi saya hanya mau menikmati hidup.

Nah itulah kisah dari Jack Ma seorang yang terlahir biasa saja tapi sekarang menjadi orang terkaya di Cina. Yang bisa kita petik dari Jack Ma adalah jangan pernah berhenti berjuang dalam mengejar mimpi, dengan bekerja keras kita akan mendapatkan mimpi kita.


Sumber Informasi :
Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa baca artikel saya yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel