Bahaya Game Online Bagi Otak Manusia, Jangan Sampe Kecanduan!


Bahaya Game Online Bagi Otak Manusia, Jangan Sampe Kecanduan! - Game online memang belakangan ini menjadi primadona manusia. Bukan hanya remaja kekinian, melainkan anak kecil dan orang dewasa pun ikut bermain game online ini. Tapi apakah kalian tahu bahwa sering bermain game online itu berbahaya bagi otak kita?


Mungkin kalian  menganggap bahwa game online justru akan melatih kecerdasan otak kita, padahal itu salah besar. Justru sebaliknya, semakin sering kalian bermain game online maka akan berbahaya bagi otak kalian. Baca juga : 5 Bahasa Pemrograman Tersulit dan Terekstrim di Dunia!



BAHAYA GAME ONLINE BAGI OTAK

Menurut para peneliti, terlalu sering bermain game online dapat mengganggu kinerja otak dan sistem syaraf otak manusia. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan tentang Bahaya Game Online Bagi Otak Manusia, Jangan Sampe Kecanduan!


FRONTAL LOBE

Saat kalian bermain game strategi, maka Frontal Lobe ini bekerja. Bagian otak ini yang menentukan perbuatan yang kalian lakukan baik atau buruk, dan bagian otak ini mencegah kita dari perilaku anti sosial.

Terlalu sering bermain game tentu bisa merusak dari kinerja Frontal Lobe ini, sehingga orang yang sering bermain game akan mengalami penurunan drastis terhadap kepedulian lingkungan sekitar. Lebih parah lagi jika hal ini terjadi kepada anak-anak.

Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika bagian otak ini rusak? Jika bagian otak ini rusak, kalian tidak akan bisa menentukan perbuatan baik atau buruk, kurang peduli terhadap lingkungan sekitar, dsb. Untuk itu, jangan terlalu berlebihan bermain game online yaa. Sayangi otakmu !



PARIENTAL LOBE

Bagian otak ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menganalisa semua informasi yang ada diotak kamu. Sehingga kamu bisa memperkirakan sesuatu dengan sebuah objek. Nah dengan kamu sering bermain game online akan merusak bagian otak yang satu ini.

Dengan rusaknya bagian otak yang satu ini, maka bersiaplah kamu akan menjadi pribadi yang sering melakukan hal diluar nalar manusia. Rusaknya bagian otak ini karena bermain game online sama seperti ketika kepala kita terbentur benda keras.



OCCIPITAL LOBE

Bagian otak satu ini adalah tempatnya proses visualisasi dan visuospatial bekerja. Bagian otak ini juga berfungsi untuk membedakan warna dan gerakan. Jika bagian ini terus terbebani oleh game online, maka akan berbahaya.

Hal yang terjadi jika bagian otak ini rusak adalah kamu akan mengalami lemah mental. Sebaiknya, hindari kebiasaan bermain game online. Bukan berarti game online dilarang, tetapi waktu bermain game online sebaiknya jangan terlalu berlebihan.



TEMPORAL LOBE

Bagian yang satu ini berfungsi sebagai memori diotak kita, dan kemampuan berbicara kita. Ketika kita bermain game online, kita akan mengingat bagaimana cara atau strategi game tersebut. Sehingga fungsi otak ini dikehidupan kita akan berkurang.

Jika terus-terusan seperti ini maka akan terjadi alzheimer. Gejala alzheimer ini perlahan akan membuat memori otakmu hilang. Sehingga ingatan kamu perlahan akan menghilang.

Seram sekali bukan bahaya dari game online jika terlalu sering dimainkan? Ayo jangan terlalu sering bermain game online yaa



GANGGUAN MOTORIK

Tubuh yang hanya diam saja ketika bermain game online akan merusak kemampuan motorik kita. Apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak. Mereka akan menjadi pribadi yang malas, kurang bersemangat untuk melatih kemampuan motoriknya.

Jika hal ini terjadi tentu berbahaya bagi tumbuh kembang kita. Apalagi anak-anak yang masih kecil. Pertumbuhan fisik dan mental mereka akan lambat, tidak seperti anak normal lainnya.

Bagi orang tua sebaiknya beri arahan kepada anaknya supaya tidak terlalu sering bermain game online. Jangan sampai tumbuh kembang mereka terganggu.




TIPS SEHAT BERMAIN GAME


Lalu bagaimana untuk menjauhi bahaya otak diatas? Bukan berarti kita tidak boleh bermain game sama sekali, bermain game boleh asalkan tidak terlalu lama dan sering. Berikut ini beberapa tips sehat bermain game.


1. BATASI WAKTU MAIN GAME

Sudah jelas bahwa bahaya bermain game karena waktu yang terlalu lama. Untuk itu, beri batas waktu saat kita bermain game. Jangan sampai bermain game sampai tiada akhir.


2. JANGAN BERMAIN GAME YANG MEMANCING EMOSI

Pernah melihat orang bermain game hingga emosi meluap-luap? Sebaiknya hindari game seperti itu, karena bisa menimbulkan emosi yang berlebihan, bisa saja Handphone kalian dibanting, atau laptop kalian diinjak, dsb. Karena saking emosinya.


3. SAYANGI TUBUH KITA

Bermain game terus menerus akan membuat kita lupa segalanya, lupa makan, belajar, dsb. Sebaiknya hentikan game jika kita bermain terlalu lama. Tubuh butuh istirahat, jangan dipaksakan.


KESIMPULAN

Setelah kita mengetahui penyebab dan bahaya game online bagi otak, bisa kita simpulkan bahwa bermain game tidak salah, kita boleh bermain game sebagai penghilang stress. TAPI, sebaiknya batasi waktu untuk bermain game. Karena tubuh dan otak kita butuh istirahat. Jika dipaksakan justru akan membuat tubuh dan otak kita terganggu.

Nah itulah ulasan tentang Bahaya Game Online Bagi Otak Manusia. Saya harap temen-temen setelah membaca ini jadi berpikir dua kali sebelum bermain game berlama-lama.

Oke terima kasih sudah mampir diblog saya, jika menurutmu artikel diatas penting dan bermanfaat silahkan Share artikel ini ke media sosialmu atau ke grup-grup di Whatsapp. jangan biarkan otak mereka rusak karena game.

Jangan lupa baca artikel saya yang lain yaaa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel