Ini Perbedaan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi

Apa Bedanya Teknik Informatika, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi?Ada seorang teman saya bertanya di media sosial Whatsapp. Dia bertanya "Na, bedanya teknik informatika sama teknologi informasi apa sih?" . Pertanyaan yang sangat bagus, karena masih ada orang yang mengira bahwa Teknik Informatika dan Teknologi Informasi itu sama, padahal beda ya.


Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa jurusan TI sekarang ini sudah menjadi jurusan favorite. Karena seperti yang kita tahu bahwa hari ini sudah memasuki Era Revolusi Industri 4.0.Tidak tahu Revolusi Industri 4.0 ? Anda bisa-bisa tertinggal jaman


 PERBEDAAN KETIGA JURUSAN DIATAS

Berikut ini saya jelaskan beberapa perbedaan dari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi berdasarkan beberapa artikel yang saya baca.

1. Teknik Informatika

Nah apa itu Teknik Informatika? Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer. Teknik Informatika mempelajari teknik khusus untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (Data) dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Baca juga : Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika?
 
Transformasi disini adalah berupa algoritma atau proses-proses logika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai macam masalah. Ketika kita masuk jurusan Teknik Informatika, maka kita akan mempelajari berpikir secara sistematis dan logis untuk beradaptasi dalam pekerjaan apapun.

Jurusan ini bisa menghasilkan lulusan yang bisa efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasikan, dan merawat infrastruktur teknologi.

Mata kuliah yang dipelajari Teknik Informatika :

#1. Algoritma
Apa itu algortima? algoritma adalah urutan proses logika untuk memecahkan masalah. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Tips Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

#2. Logika Matematika
Kita akan belajar bagaimana memecahkan masalah matematika dengan logika tentunya.

#3. Probabilitas dan Statistika
Menghitung sebuah data, mencari mean, modus, dan median. Lengkapnya silahkan baca Apa Hubungannya Statistika dengan Teknik Informatika?

#4. Algoritma Pemrograman
Belajar membuat sebuah program untuk memecahkan masalah. Yang didalamnya terdapat algoritma.

#5. Artificial Intelligence
Kita juga akan mempelajari tentang kecerdasan buatan. Silahkan baca Kok Bisa Robot Buatan Manusia Lebih Pintar Dari Penciptanya ? Inilah Artificial Intelligence

#6. Dan masih banyak lagi

Baca juga : Cara Hacker Bobol WiFi di PC/Laptop Dengan CMD Terbukti Ampuh 100% Work


2. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk menjelaskan teknologi yang bisa membantu manusia dalam menyimpan, membuat, mengubah, atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi menyatukan komputasi dan komunikasi suara, gambar, video, dan data.

Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya komputer pribadi, tetapi juga TV, telepon genggam, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Berikut ini beberapa fungsi dari Teknologi Informasi :

#1. Mengolah
Teknologi Informasi dapat mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi baru. Dengan cara dianalisa, dan dihitung, sehingga menggabungkan berbagai informasi dan data.

#2. Menghasilkan
Teknologi Informasi juga bisa menghasilkan sebuah data menjadi grafik, tabel, atau perhitungan lainnya. Tentu dengan begitu dapat memudahkan pekerjaan manusia.

#3. Mencari Kembali
Teknologi Informasi bisa mencari kembali data yang sudah disimpan. Misalnya mencari data klien yang belum melakukan pembayaran, dsb.

#4. Masih Banyak Lagi

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi dari Teknologi Informasi, apakah kalian sudah merasakan perbedaannya dengan jurusan lain?

3. Sistem Informasi

Sistem komunikasi adalah ilmu yang mempelajari konsep dan strategi dalam penerapan informasi. SI juga berkaitan dengan penyimpanan, pengolahan, dan pengawasan data atau informasi pada suatu organisasi.

Lulusan SI biasanya bisa menganalisis kebutuhan bisnis, dan bisa mendain sistem tujuan dari sebuah organisasi.

Sistem Informasi biasanya bertugas menyimpan, dan mengawasi data tau informasi pada sebuah organisasi atau perusahaan. Nah mana nih yang cita-citanya pengen kaya gitu? Jurusan Sistem Informasi mungkin cocok buat kamu.

Contoh penerapan Sistem Informasi pada sebuah perusahaan :

#1. Enterprise Resource Planning (ERP)
ERP bertugas untuk mengelola dan mengawasi pada bidang accounting, keuangan, pemasaran, dsb. 

#2. Supply Chain Management (SCM)
SCM bertugas untuk menyajikan pemasokan, kebutuhan, produsen, dan konsumen.

#3. Transaction Processing Sytem (TPS)
TPS bertugas memproses keuangan dalam jumlah besar. Biasanya dalam memanage gaji dan investaris

#4. Dan masih banyak lagi




PENUTUP

Itulah perbedaan dari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi . Tapi ketiga jurusan tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memanfaatkan teknologi. Karena zaman sekarang teknologi sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia.

Kesimpulannya, ketiga jurusan diatas memiliki bidang pekerjaannya masing-masing. Dan prospek kerja dari ketiga jurusan diatas juga sangat bagus. Jika kalian suka dengan teknologi, silahkan masuk kuliah ke salah satu jurusan diatas.

Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga bermanfaat yaaa. Jangan lupa baca artikel saya yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel