Kenapa Jum'at Kliwon Dianggap Hari yang Menyeramkan? Ternyata Begini


Kenapa Jum'at Kliwon Dianggap Hari yang Menyeramkan? Ternyata Begini - Artikel ini dibuat pada kamis malam, yang artinya malam jum'at. Mungkin kalian sering sekali mendengar "malam jum'at kliwon itu malam yang menyeramkan".



Apa alasan dibalik itu semua? Kenapa malam minggu tidak dianggap menyeramkan? padahal bagi yang jomblo, malam minggu itu menyeramkan :) wkwkwkwk.

Hal ini sudah terjadi secara turun temurun. Orang zaman dulu menganggap malam jumat kliwon adalah malam yang menyeramkan, dan itu menurun hingga ke zaman kita. Tapi menyeramkannya malam jum'at kliwon bukan tanpa alasan. Ternyata ada alasan kenapa malam jumat kliwon dianggap malam yang menyeramkan.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa jawaban Kenapa Malam Jum'at Kliwon Dianggap Malam yang Seram. Simak baik-baik yaa

Baca juga : 4 Tempat Angker Di Karawang yang Bikin Merinding

 

1. Hubungan Jum'at dan 13

Maksud dari Jum'at dan 13 adalah konon katanya bahwa jika hari jum'at tanggal 13 akan banyak terjadi kesialan atau hal buruk. Hal ini tentu menjadi turun temurun entah disengaja atau tidak. Yang jelas mitosnya seperti itu.

Menurut data yang dihimpun LiveScience, hari Jumat tanggal 13 telah meninggalkan banyak luka dan kesialan di negara-negara Eropa. Misalkan pada 13 September 1940, tepatnya pada masa Hitler, Nazi berhasil meledakkan lima bom dalam Buckingham Palace, Inggris.

Kemudian pada 13 Januari 1989, virus bernama Friday the 13th masuk dalam sisi komputer IBM Inggris yang menghapus seluruh data di kantor-kantor besar. Hal tersebut menyebabkan kepanikan masal. Sembilan bulan kemudian, saham The Dow Jones Industrial Averange mengalami penurunan sampai 190,58 poin.

 Baca juga : Ciri-ciri dan Penyebab Rumah Berhantu

 

2. Malam yang Mempunyai Kekuatan Magis

Sebagian masyarakat jawa mempercayai bahwa malam jumat kliwon adalah malam yang mempunyai kekuatan magis. Oleh karena itu, ritual-ritual dilaksanakan pada malam jumat kliwon.

Ritual yang dilakukan biasanya seperti memandikan keris, pesugihan, dsb. Apakah kalian percaya tentang mitos ini?

 Baca juga : 5 Lagu Indonesia Ini Ternyata Mempunyai Makna dan Kisah Mistis. Masih Berani Dengerin?

 

3. Setan Berkeliaran

Konon katanya pada malam jumat kliwon, setan berkeliaran. Biasanya hal itu disampaikan oleh pemangku adat. Tak heran jika pada malam jumat kliwon diadakan ritual supaya tidak diganggu mahluk halus.

Contohnya penyembahan Nyi Roro Kidul pada malam jumat kliwon di pantai parangtritis. Masyarakat melarutkan sesajen dan bunga, supaya tidak diganggu oleh mahluk halus.



4. Meninggal Malam Jumat Kliwon Dianggap Baik

Orang yang meninggal dimalam jumat dianggap baik. Biasanya sebagian orang jawa mempercayai ini, atau mungkin dari kita pun mempercayainya. Katanya orang yang meninggal pada hari kamis dan malam jumat adalah orang baik.

Diyakini itu adalah meninggal yang khusnul khatimah, dan dijauhkan dari siksa kubur. Bagaimana? apakah kalian percaya?

Nah itulah beberapa mitos kenapa malam jumat dianggap malam yang menyeramkan. Semoga bermanfaat yaaa.

Terima kasih gaiss sudah mampir diblog saya. Jika kamu punya cerita mistis, boleh dong ceritain di kolom komentar.

Selamat malam jum'at!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel