Pernah Mengalami Kram Kaki Saat Tidur? Begini Cara Mencegahnya !

Pernah Mengalami Kram Kaki Saat Tidur? Begini Cara Mencegahnya ! - Pernahkan kalian terbangun tengah malam karena mengalami kram terutama dibagian kaki? Pasti rasanya sakit sekali bukan? Tapi apakah kalian tau, apakah penyebab dan cara mengatasi kaki kram saat tengah malam? Jika belum, simak penjelasannya dibawah ini.

[ kamu bisa baca juga : Cara menghilangkan bau kaki ]

Sebelumnya apa sih kram (cramp) itu? Menurut wikipwdia, Kram atau Kejang otot adalah pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri. Kram bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa detik, menit, atau jam, tergantung dari kontraksi tersebut, dan kram dapat terjadi pada otot rangka atau otot polos.

Kram otot betis adalah jenis kram yang paling sering menyerang orang. Terutama pada malam hari saat kita tertidur, kita mendadak bangun dan mengerang kesakitan. Kram ini berlangsung sekitar 9 menit, tapi setelah mengalami kram ini kaki kita akan terasa pegal.

Lalu apa sih penyebab kram kaki dimalam hari, berikut penjelasannya..



PENYEBAB KRAM KAKI PADA MALAM HARI


Berikut ini penyebab kram kaki pada malam hari :

1. Duduk Terlalu Lama

Ketika kalian mengalami kram kaki dimalam hari, apakah pada saat siang tadi kalian terlalu lama duduk? Jika iya, itu adalah salah satu faktor penyebabnya.


2. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga terlalu berat juga bisa menjadi penyebab kaki kram pada malam hari, usahakan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai berolahraga.


3. Terlalu Lama Berdiri

Terlalu lama berdiri membuat otot kaki menjadi tumpuan, sehingga jika terlalu lama bisa membuat otot pegal dan tegang.



APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT TERJADI KRAM?

Saat kram terjadi terkadang kadang kita bingung harus melakukan apa? kita hanya bisa menunggu kram itu reda. Tapi sebenarnya ada hal yang bisa kita lakukan saat kram mendadak terjadi.

Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan saat terjadi kram


1. Memijat secara perlahan otot yang kaku

Dengan sedikit pijatan pada bagian yang kram akan membuat otot sedikit lebih rileks dan tidak terlalu tegang. Sehingga mengurangi sakit saat kram.

2. Lakukan peregangan otot

Lakukan perengan otot dengan cara menggerakan bagian yang kram secara perlahan-lahan atau menarik telapak kaki dengan tangan (jika kram terjadi di area betis).

Jika kram masih terus terjadi, silahkan konsultasikan ke dokter. Karena kram terus menerus akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.


CARA MENCEGAH KRAM KAKI SAAT TIDUR

Lalu bagaimana mencegah supaya kaki tidak kram saat tertidur? Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kram saat tertidur.

  • Minum air putih untuk menghindari dehidrasi, minimal 8 gelas per hari
  • Lakukan peregangan sebelum tidur
  • Pakai sepatu yang nyaman saat beraktivitas
  • Rutin berolahraga, tapi jangan memaksakan tubuh untuk berolahraga berat.

Nah itulah artikel tentang Pernah Mengalami Kram Kaki Saat Tidur? Begini Cara Mencegahnya. Jika menurutmu artikel ini bermanfaat silahkan share yaa

Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel saya yang lain yaaa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel