Malam Lailatul Qadar Mempunyai Banyak Keistimewaan, Simak Penjelasan Lengkapnya (Keistimewaan, Amalan, Doa, Tanda)

Malam Lailatul Qadar Mempunyai Banyak Keistimewaan, Kapan Datangnya? Ada do'anya? Apa tanda-tandanya? - Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat dinanti-nanti oleh semua umat muslim didunia. Menurut Al-qur'an malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Subhanallah...

Jika pada artikel sebelumnya tentang Hikmah dan Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan kita membahas hikmah bulan ramadhan, kali ini kita akan membahas tentang malam lailatul qadar. Beberapa orang menanyakan hal ini terkait malam lailatul qadar :

  • " Kapan datangnya malam lailatul qadar? "
  • " Apa keutamaan malam lailatul qadar? "
  • " Apa keistimewaan malam lailatul qadar? "
  • " Apakah tanda-tanda malam lailatul qadar? "
  • " Apa do'a malam lailatul qadar? "

Pertanyaan-pertanyaan diatas akan kita bahas pada artikel kali ini. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya, supaya kita sama-sama mengerti tentang indahnya malam lailatul qadar.



MALAM LAILATUL QADAR

lailatul qadar


Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam lailatul qadar juga Al-qur'an diturunkan. Keistimewaan malam lailatul qadar bisa kita jumpai pada Surat Al-Qadar, yaitu surat ke-97 dalam Al-qur'an.




KAPAN DATANGNYA MALAM LAILATUL QADAR?


Pertanyaan ini banyak sekali muncul, wajar saja karena kita sebagai umat muslim sangat menanti malam lailatul qadar ini.

Banyak yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar akan datang pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan. Mengutip dari wikipedia tentang hal ini, berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan : " Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Lailatul Qadar kemungkinan akan "diwujudkan" oleh Allah pada malam ganjil, tetapi mengingat umat islam memulai awal puasa pada hari atau tanggal yang berbeda, maka umat islam yang menghendaki untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar dapat "mencarinya" setiap malam. Agar kita yang menghendaki "mendapatkan" Lailatul Qadar, maka berbuka puasalah "sekadarnya" saja agar badan tidak "menjadi berat" dan malas serta menjadi sebab ngantuk dan mudah tertidur, sehingga yang kita inginkan untuk mendapatkan Lailatul Qadar tidak membuahkan hasil




APA KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN MALAM LAILATUL QADAR?


Setelah kita mengetahui kapan malam lailatul qadar ini datang. Jika juga perlu mengetahui apa keutamaan malam lailatul qadar. Sungguh banyak sekali keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar ini, antara lain sebagai berikut :


1. Malam Yang Mulia

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Qadr 1-5 : "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar"

Berdasarkan ayat diatas sudah jelas bahwa malam lailatul qadar adalah malam kemuliaan. Dimana kita dianjutkan untuk memperbanyak ibadah pada malam lailatul qadar.



2. Malam Diturunkannya Al-Qur'an

Al-qur'an diturunkan pada malam lailatul qadar, pada QS. Al-Baqarah ayat 185 dijelaskan : "
Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…". Dengan diturunkannya Al-qur'an pada malam lailatul qadar tentu membuat kita akan semakin semangat untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Pahala yang kita dapatkan juga akan berlipat-lipat ganda. Para ulama berpendapat bahwa melakukan ibadah dan amalan pada malam lailatul qadar itu sama saja seperti beribadah selama 80 tahun. 

Siapa yang tidak sabar untuk menanti kedatangan malam lailatul qadar?



3. Malam Penuh Ampunan

Selain malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam lailatul qadar juga adalah malam yang penuh ampunan. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah bersabda : "Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu." (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Pada malam ini Allah membukakan pintu ampunan dengan lebar. Sungguh sayang jika pada malam lailatul qadar ini kita tidak memanfaatkannya dengan baik.



4. Malaikat-malaikat Turun Ke Bumi

Pada malam ini malaikat-malaikat Allah akan turun ke bumi. Allah Ta'ala berfirman : “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al- Qadar ayat 4).

Allah memerintahkan malaikatnya untuk turun ke bumi dengan membawa rahmat dan berkah. Maka perbanyaklah do'a saat malam lailatul qadar datang.





LALU APA DO'A MALAM LAILATUL QADAR?

Doa malam lailatull qadar


Pada saat datang malam lailatul qadar hendaknya kita memperbanyak berdoa, seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terdapat pada hadist dari Aisyah.

Beliau radhiyallahu ‘anha berkata, “Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab dengan doa berikut : ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’

Yang artinya adalah : "Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku". (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Itulah do'a yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mari kita hafalkan do'anya, dan kita bacakan saat malam lailatul qadar datang.





TANDA-TANDA MALAM LAILATUL QADAR


Malam lailatul qadar akan datang pada 10 malam terakhir bulan ramadhan. Kita tidak bisa menebak pada malam keberapa lailatul qadar itu muncul. Tapi malam lailatul qadar mempunyai tanda-tanda ketika sudah datang. Berikut tanda-tanda malam lailatul qadar :



1. Udara dan angin terasa sejuk

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : "Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, dan tidak begitu dingin. pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan". (HR. Ath Thoyalisi)




2. Matahari pagi tidak begitu panas

Disebutkan dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : "..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot." (HR. Muslim no. 762)



3. Malam tampak cerah dan terang

Sebuah riwayat dari Ubadah bin Shamit, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad).



4. Ibadah pada malam tersebut akan lebih tenang

Allah Ta’ala berfirman : “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” (QS. Al-Qadar: 4).

Ibnu Katsir rahimahullah menafsirkan, “Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya berkah yang ada pada malam tersebut. Dan Malaikat akan turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat sebagaimana turunnya mereka di tengah-tengah orang yang membaca al-Qur’an serta mengelilingi majlis-majlis zikir.” (Tafsir Ibnu Katsir, 8/445).

5. Dan masih ada yang lainnya...





AMALAN MALAM LAILATUL QADAR

Malam lailatul qadar


Pada saat tiba malam lailatul qadar (walaupun kita tidak tahu kapan tepatnya) hendaknya kita melakukan amalan-amalan sebagai berikut :


 

1. Memperbanyak do'a

Pada saat malaikat Allah turun ke bumi di malam lailatul qadar. Hendaknya kita berdoa, insyaallah doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Untuk doa malam lailatul qadar sudah dijelaskan diatas. Kamu bisa menghafalnya dan membacanya pada 10 malam-malam terakhir bulan ramadhan.


2. Membaca Al-qur'an

Dengan niat beribadah kepada Allah SWT, membaca Al-qur'an bisa membuat kita mendapat pahala yang berlipat ganda. Apalagi jika disertai dengan memahami isi Al-qur'an tentu akan membuat kita menjadi lebih khusyu.


3. Perbanyak taubat

Manusia tidak ada yang bersih dari dosa, sebaiknya kita memperbanyak taubat saat malam lailatul qadar tiba. Karena Allah membuka pintu ampunan selebar-lebarnya, dengan niat taubat kita sungguh-sungguh. Maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita.


4. Dan masih banyak lagi...


Sebelum penutup, beberapa informasi yang saya dapatkan berasal dari situs-situs populer, seperti :
Kenapa saya membaca banyak sumber? Karena membaca lebih dari satu sumber (referensi) akan lebih baik dibanding hanya satu sumber saja. 
 
 
 
 
 

PENUTUP


Tak terasa saya sudah panjang lebar membahas malam lailatul qadar ini, kita sudah sampai diujung kalimat. Semoga pada malam lailatul qadar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT, dan kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Aamiin...

Terima kasih sudah mampir diblog saya yang sederhana ini. Tolong share artikel ini jika menurutmu artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa baca artikel saya yang lain ya..

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel