5 Rahasia Rajin Menulis Artikel di Blog, Rasa Malas Bakal Hilang!

Cara melawan rasa malas menulis artikel5 Rahasia Rajin Menulis Artikel di Blog, Rasa Malas Bakal Hilang! - Kunci kesuksesan seorang blogger salah satunya adalah dengan rajin menulis artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Setelah sebelumnya saya sudah membahas Cara Membuat Blog Berkualitas Yang Disukai Google Adsense kali ini saya akan membahas bagaimana cara melawan rasa malas dalam menulis artikel di blog.

Saya yakin kamu adalah salah satu orang yang mulai merasa malas untuk menulis artikel di blog? Karena jika tidak, kamu tidak akan membaca artikel ini hehehe...

Pada fase pemeliharaan sebuah blog memang banyak sekali rintangan yang harus blogger hadapi. Rasa malas menulis konten, putus asa visitor segitu-gitu aja, dan lain sebagainya.

Rintangan-rintangan seperti itu harus kita lawan jika kita ingin menjadi seorang blogger yang sukses. Rasa malas menulis adalah hal wajar, dan saya rasa semua blogger pasti pernah mengalami hal seperti itu. Tapi yang membedakan adalah mereka para blogger sukses selalu melawan rasa malas itu, sehingga kerja kerasnya membuahkan hasil.

Lalu bagaimana cara melawan rasa malas menulis artikel diblog?

Tenang saja dan tetap rileks tidak usah bingung, karena sebenarnya melawan rasa malas itu mudah jika kita tahu beberapa tips dan rahasianya. Dibawah ini ada beberapa rahasia atau tips untuk melawan rasa malas menulis diblog.







CARA MENGHILANGKAN RASA MALAS MENULIS ARTIKEL DI BLOG

Tips melawan rasa malas menulis artikel
Cara menghilangkan rasa malas menulis artikel

1. Buat topik artikel yang kamu sukai

Ketika kita sudah menyukai sesuatu, percayalah kita tidak akan malas melakukannya. Sama halnya seperti menulis artikel. Jika kamu menyukai topik artikel yang akan kamu buat, pasti rasa malas itu tidak akan datang, justru rasa semangatlah yang akan datang.

Seperti contoh, kamu adalah seorang yang suka bernyanyi maka topik artikel yang kamu buat harus berhubungan dengan ilmu bernyanyi atau tips bernyanyi, dengan begitu saya yakin kamu tidak akan malas untuk menulis artikel.

Bayangkan jika topik artikel yang akan kamu tulis adalah hal yang kamu tidak sukai atau justru kamu tidak mengerti sama sekali. Misalnya :

Kamu adalah seorang yang menyukai sepakbola, tapi topik artikel yang kamu buat adalah tentang memasak. Tentu kamu akan malas untuk menulis artikelnya, karena disamping kamu tidak mengerti, kamupun tidak menyukai memasak.

Coba kamu membuat artikel tentang bagaimana teknik menendang yang bagus, teknik menendang pisang seperti Beckham, dan sebagainya. Saya jamin kamu akan semangat berapi-api dalam menulis artikelnya.


Selain membuat kamu semangat menulis, ternyata memilih topik yang kamu suka untuk dijadikan sebuah artikel juga bisa membuat kamu semangat membaca.


Begini..

Ketika kamu ingin membuat artikel namun kamu kekurangan informasi, pasti kamu akan merisetnya dari google (Mencari tahu dari google). Jika kamu menyukai topiknya tentu kamu akan semangat untuk membacanya. Saya contohkan begini..

Kamu ingin membuat sebuah artikel tentang teknik menendang pisang ala Beckham, tapi kamu kurang tahu bagaimana tekniknya, pasti kamu akan mencari tahunya di google. Karena kamu menyukai sepakbola, pasti kamu akan semangat membacanya. Tetapi jika kamu tidak menyukai sepakbola, pasti sulit sekali menghilangkan rasa malas.



2. Pilih waktu yang tepat untuk menulis

Jujur saja kadang saya pun malas untuk menulis artikel, sampai-sampai saya pernah tidak memposting sebuah artikel dalam waktu 3 bulan! WOW. Tapi saya pikir-pikir banyak waktu luang saya yang tidak digunakan dengan baik. Daripada gabut lebih baik saya menulis artikel.

Ketika kamu sekolah atau kerja pada siang hari tentu ada waktu sore dan malam untuk menulis artikel. Tapi belajar tetap nomor satu ya! jangan sampai PR tidak dikerjakan tapi kalian lebih mementingkan menulis artikel.

Intinya kalian harus pintar membagi waktu untuk belajar dan menulis blog. Karena menulis blog pun menurut saya cukup menambah wawasan loh, apalagi topik yang kamu bahas seputar pendidikan. Selain kamu belajar, kamu juga bisa sekalian menulisnya di blog kamu.

Rekomendasi waktu yang tepat untuk menulis blog :

  • Pagi hari sekitar jam 9-10, karena pada waktu ini otak sedang fresh.
  • Sore hari sekitar jam 4-5, karena setelah kamu menjalani aktivitas seharian, siapa tau ada sesuatu yang menjadi inspirasi kamu menulis.
  • Malam hari sekitar jam 8-9, saya adalah salah satu yang menulis pada malam hari dan artikel ini akan terbitnya besok pagi. Saya memilih malam karena siang saya banyak kegiatan. Dan menurut saya, malam hari itu mudah mendapatkan inspirasi sehingga saya mudah memilih topik apa yang akan saya bahas.
Tapi itu semua hanyalah saran waktu. Tentunya kamu harus menyesuaikan sendiri antara aktivitas kamu sehari-hari dan menulis.




3. Jangan berharap penghasilan dulu

Untuk blogger pemula seperti saya, memikirkan penghasilan sejak dini tidaklah bagus. Karena jika kamu menulis untuk mendapatkan penghasilan, percayalah kamu tidak akan bertahan lama dalam membangun sebuah blog.

Tidak bisa dipungkiri memang semua blogger ingin blognya menghasilkan uang berjuta-juta. Tapi jika itu yang menjadi motivasi kalian untuk menulis, saya rasa semangat kalian menulis tidak akan lama.

Setiap kali kalian selesai menulis, pasti mengecek pendapatan adsense. Dan ketika penghasilan tak kunjung bertambah, lama-lama saya yakin kalian akan bosan dan kesal. Intinya adalah jangan jadikan penghasilan sebagai motivasi kalian menulis. Masih banyak sisi positif dari kita menulis, percaya deh kalian tidak akan rugi ilmu ketika rajin membaca untuk menulis. :)





4. Menulis untuk bersenang-senang

Setelah di point ketiga saya menjelaskan jika motivasi kalian adalah penghasilan tidak akan bertahan lama, maka jadikan menulis sebagai alat untuk bersenang-senang. Artinya kalian tidak menjadikan menulis sebagai beban.

Rasa semangat dan malas kadang saling bergantian menghiasi para blogger, tapi apakah saat menulis kamu merasa senang? itu adalah salah satu pertanyaan untuk dirimu sendiri. Jangan sampai menulis menjadi beban untuk kamu.

Ketika menulis kamu jadikan beban, maka percayalah hasil dari tulisanmu tidak akan puas. Apalagi kamu emosi ketika menulis artikel pasti hasil akhirnya 'kurang bagus'.

Tapi lain halnya ketika kamu bersenang-senang ketika menulis, tersenyum mencari inspirasi, menulis dengan riang gembira, maka hasilnya pun 'luar biasa' dalam artian kamu puas dengan hasil tulisanmu. Ketika kamu senang menulis, maka otomatis kamu akan rajin ngeblog.

Selanjutnya tanyakan pada dirimu "Bagaimana supaya kamu senang ketika menulis?"..





5. Niat yang kuat untuk membangun blog

Segala sesuatu jika dibarengi dengan niat yang kuat, percayalah maka rasa malas tidak akan menghampiri. Ingat-ingat tujuan awalmu untuk membuat blog, jadikan itu sebagai pacuan untuk kamu supaya rajin menulis.

Untuk menjadi blogger sukses tidak mudah, butuh tenaga dan kerja keras. Tapi kamu tidak perlu takut bahwa kerja kerasmu tidak akan terbayar, percayalah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

Ketika rasa malas datang, renungkan dan pikirkan! Angkat kembali semangatmu, jangan mudah menyerah, dan terus bekerja keras.



Tips rajin menulis artikel di blog
Ayo kembali semangat menulis! Good job!


PENUTUP


Wuahhh tak terasa sekali sudah satu jam saya membuat artikel ini. Tapi saya tidak lelah, karena saya menulis artikel ini dengan senang hati. Untuk kamu yang sedang malas membuat artikel, semoga setelah membaca beberapa tips diatas, semangatmu naik kembali ya..

Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Silahkan share artikel ini supaya para blogger yang sedang malas menulis diluar sana bisa kembali semangat. Teruslah membuat karya yang bermanfaat para blogger!

Good Luck!

- anakserbatau.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel