Inilah Posisi Paling Aman Dari 6 Kendaraan Saat Berpergian Menurut Penelitian

Inilah Posisi Paling Aman Dalam Transportasi Saat Berpergian Menurut Penelitian - Saat kita berpergian ke tempat yang lumayan jauh, pasti kita memerlukan transportasi atau kendaraan untuk kita tumpangi. Entah itu mobil pribadi, bus, kereta, pesawat, dan lain sebagainya.

Kamu bisa baca: Tips berpergian menggunakan motor

Kita juga pasti sering mendengar berita, banyak sekali kecelakaan berbagai transportasi. Entah itu jalur darat, laut, maupun udara. Mendengar hal tersebut, akhirnya kita menjadi takut untuk berpergian. Padahal kecelakaan sebenarnya bisa kita cegah.

Walau kita semua tahu bahwa yang namanya musibah, jodoh, dan rezeki itu semua sudah diatur oleh Tuhan, tugas kita hanya menjalankannya. Tapi tetap saja kita harus berhati-hati ketika menghadapi apapun.

Posisi paling aman di setiap kendaraan


Salah satunya yang paling sering diremehkan oleh beberapa orang adalah pemilihan posisi duduk pada saat berada didalam kendaraan tersebut. Walau terdengar tidak begitu penting, tapi pemilihan tempat duduk yang salah juga bisa berakibat fatal. Bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya.

Dibawah ini ada beberapa posisi yang paling aman saat berpergian menggunakan transportasi, berdasarkan penelitian dan riset. Dimana sajakah posisi yang paling aman? Berikut adalah penjelasannya:


POSISI PALING AMAN DALAM TRANSPORTASI


Karena ada 6 jenis transportasi, mari kita cari tahu satu per satu:

1. Mobil Pribadi

Posisi paling aman dalam mobil
sumber gambar instagram/fyifact

Berpergian menggunakan mobil pribadi umumnya banyak digunakan oleh masyarakat. Terutama saat mudik lebaran. Dan kasus kecelakaan mobil juga tidak sedikit ternyata, ada banyak korban yang harus meninggal, dan ada juga yang berhasil selamat.

Menurut penelitian, tempat paling aman ketika berpergian menggunakan mobil adalah di jok tengah (Jok belakang pengemudi) dan posisinya pun di tengah atau sebelah kiri. Karena pada posisi itu, biasanya minim benturan yang bisa menyebabkan cidera fatal.

Sedangkan untuk posisi yang paling berbahaya adalah posisi sebelah pengemudi, dimana ketika terjadi kecelakaan, umunya pengemudi akan refleks membanting stir atau menghindar. Sehingga orang yang duduk disebelahnya sangat beresiko.
 


2. Minibus

Posisi paling aman dalam minibus
sumber gambar instagram/fyifact

Minibus ini biasanya digunakan untuk antar jemput anak sekolah, kendaraan umum, dan sebagainya. Tentu pada kendaraan ini pun sering terjadi kecelakaan. Lantas dimanakah posisi paling aman pada minibus?

Berdasarkan riset, posisi paling aman pada minibus terletak tepat dibelakang pengemudi. Karena pada posisi ini, minim sekali terjadi benturan ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak. Sehingga peluang cideranya sangat sedikit.

Dan untuk posisi paling berbahaya adalah sebelah pengemudi dan disamping jendela. Karena pecahan kaca bisa membuatmu terluka ketika terjadi kecelakaan.



3. Bus

Posisi paling aman dalam bus
sumber gambar instagram/fyifact

Ketika kita "piknik" atau berpegian ke tempat wisata bersama rombongan banyak, biasanya menggunakan bus. Karena bus bisa mengangkut diatas 30 orang. Tentu akan banyak sekali tempat duduk didalamnya. Tapi dimana posisi paling aman?

Posisi paling aman menurut penelitian berada di kursi bagian kiri dan duduk dikursi sebelah kanan atau tidak sejajar dengan pengemudi. Karena di Indonesia pengemudi berada disebelah kanan, maka posisi paling aman berada di baris kiri. Hal ini karena rata-rata kecelakaan bus itu terjadi dimana bus menghantam kendaraan dari arah berlawanan.

Sedangkan untuk posisi paling tidak aman, berada dibarisan belakang pengemudi. Sama seperti minibus, ketika terjadi kecelakaan posisi dekat jendela rentan terkena pecahan kaca.



4. Kereta

Posisi paling aman dalam kereta
sumber gambar instagram/fyifact

Siapa disini yang suka naik kereta? Kereta nampaknya sudah menjadi kendaraan umum yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Tak sedikit juga yang kuliah ketika pulang kampung menggunakan kereta. Nah sebaiknya kamu cari posisi aman ini.

Posisi paling aman di kereta adalah pada gerbong yang tengah. Karena biasanya, kecelakaan kereta sering terjadi pada gerbong depan dan belakang. Dimana pada kedua gerbong tersebut sering terjadi deformasi (ban keluar dari rel).

Posisi paling berbahaya adalah di gerbong paling depan dan paling belakang. Karena seperti tadi yang sudah dijelaskan bahwa pada kedua gerbong tersebut sering terjadi deformasi.



5. Kapal Laut

Posisi paling aman dalam kapal laut
sumber gambar instagram/fyifact

Ketika kamu akan berpergian menggunakan kapal laut, sebaiknya perhatikan posisi paling aman berikut ini.

Posisi paling aman saat berpergian menggunakan kapal laut menurut penelitian adalah duduk di dek paling atas. Karena dek atau lantai paling atas pada kapal laut menjadi bagian terakhir saat kapal tenggelam.

Sedangkan posisi paling berbahaya adalah dek paling bawah. Karena pada bagian ini rawan sekali terjadi bocor, dan ketika kecelakaan atau kapal tenggelam, dek paling bawah adalah bagian paling pertama tenggelam. Dan kamu juga akan sulit untuk keluar.



6. Pesawat Terbang

Posisi paling aman dalam pesawat
sumber gambar instagram/fyifact

Kecelakaan pesawat sudah banyak terjadi di Indonesia, bahkan mungkin dunia. Untuk kamu yang sering berpergian menggunakan pesawat terbang, sebaiknya cari posisi paling aman seperti dibawah ini.

Sebenarnya para ahli belum bisa memastikan apakah posisi berikut ini benar-benar aman atau tidak, tapi banyak para ahli mengatakan bagian belakang pesawat adalah tempat paling aman.

Tapi hal yang paling penting adalah kita tetap mematuhi peraturan yang ada dan jangan lupa berdo'a.




PENUTUP


Itulah posisi paling aman dari 6 kendaraan yang sering digunakan oleh banyak orang. Kita pun tidak boleh begitu yakin jika duduk pada posisi aman diatas maka kita akan selamat dari musibah. Seperti yang tadi sudah disampaikan, bahwa musibah, jodoh, dan rezeki sudah diatur oleh Tuhan.

Intinya kita harus selalu berdoa sebelum berangkat dan berpergian menggunakan kendaraan apapun. Dan patuhi juga aturan yang ada.

Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini ke grup kelas, keluarga, dan grup-grup ghibah kamu hahahaha.

Good luck!

- anakserbatau.com

Sumber : instagram/fyifact

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel