Sawit Kuat, Indonesia Hebat : Indonesia Membuat Negara Lain Cemburu

Kelapa sawit
Sawit Kuat Indonesia Hebat - Jika sawit kita kuat maka Indonesia bisa menjadi hebat. Tapi, siapa itu 'Sawit' ? Kok bisa ya dia membuat Indonesia menjadi hebat? Apakah si 'Sawit' ini seorang atlet, binaragawan, atau sebuah daerah?

No no no..

Sawit atau Kelapa sawit bukan seorang atlet, binaragawan, ataupun sebuah daerah. Tapi, Kelapa sawit adalah tumbuhan yang menjadi bahan baku penghasil minyak industri, minyak masak, dan juga bahan bakar.

Kelapa sawit ini memiliki peran penting loh dalam industri minyak, yaitu dapat menggantikan kelapa sebagai bahan bakunya.


Lalu Kenapa Indonesia Bisa Membuat Negara Lain Cemburu?


Hal itu karena Indonesia adalah penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Perkebunan kelapa sawit di Indonesia tersebar di daerah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Perkebunan kelapa sawit tersebut tentunya memberikan keuntungan besar kepada Indonesia. Terbukti, kelapa sakit menyumbang devisa sebesar 300 Triliun untuk Indonesia (sumber : gapki.id), Wow! angka yang sangat besar bukan?

Devisa sebesar itu bukan hanya semata-mata sebuah angka, tetapi juga akan berpengaruh besar baik itu secara mikro, regional, maupun mikro atau lokal.



SEJARAH KELAPA SAWIT DI INDONESIA

Sejarah kelap sawit


Sebelum kita mengenal lebih lanjut tentang kelapa sawit, sebaiknya kita mundur sedikit kebelakang untuk melihat sejarah kelapa sawit di Indonesia.

Berawal dari tahun 1848, tepatnya pada bulan februari, ada 4 bibit tanaman kelapa sawit yang dibawa dari Amsterdam dan ditanam di Botanical Garden of Buitenzorg, atau yang biasa kita sebut 'Kebun Raya Bogor'.

Lalu pada tahun 1853, kelapa sawit yang berasal dari 4 bibit tadi, didistribusikan ke daerah lain seperti Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Selanjutnya antara tahun 1875 sampai 1911, tumbuhan kelapa sawit belum menjadi tumbuhan komersial. Melainkan masih menjadi tanaman hias di sepanjang jalan menuju 'Bungalow' dan gedung pusat perkebunan tembakau.

Pada tahun 1911, seorang berkebangsaan German, menanam 2.000 bibit kelapa sawit di tanah Itam Ulu. Dan pada tahun berikutnya, tanaman kelapa sawit mulai ditanam secara komersial.

Dan akhirnya, semenjak penanaman kelapa sawit secara komersial pertama, saat ini kelapa sawit menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia.



MANFAAT KELAPA SAWIT BAGI MASYARAKAT DAN NEGARA INDONESIA

Manfaat pohon kelapa sawit


Dari semenjak bangun tidur hingga tidur kembali, pasti kita sering menggunakan sabun, shampoo, pasta gigi, minyak goreng, dan juga makanan ringan seperti es krim, biskuit, coklat, dan lain sebagainya.

Produk rumah tangga yang telah disebutkan diatas ternyata mengandung minyak sawit. Tentunya minyak sawit bisa kita dapatkan dari tanaman kelapa sawit.

Lalu apa saja manfaat kelapa sawit bagi negara Indonesia? Berikut ini manfaat kelapa sawit bagi Indonesia :

1. Menyumbang Devisa Terbesar

Seperti tadi yang sudah dijelaskan bahwa kelapa sawit menjadi penyumbang devisa terbesar. Pada tahun 2017 saja, Indonesia mengekspor 31 juta ton kelapa sawit yang berhasil mendulang devisa ± US$ 23 Milyar (317 Triliun).



2. Menyerap Tenaga Kerja

Dalam mengelola perkebunan kelapa sawit tentunya memerlukan tenaga kerja yang tidak sedikit. Pada tahun 2016, perkebunan kelapa sawit dapat memperkerjakan lebih dari 5,5 juta orang (sumber : kumparan.com)



3. Mengurangi Impor Solar

Kelapa sawit bisa diolah menjadi biodiesel yang tentunya bisa menekan angka impor solar. Pada tahun 2016, pemerintah berhasil menghemat pengeluaran sebesar Rp. 14 Triliun. Tentunya hal tersebut sangat memberi keuntungan bagi negara.




PENUTUP DAN KESIMPULAN


Kelapa sawit menjadi bagian penting bagi masyarakat maupun negara. Bukan hanya Indonesia, tetapi juga dunia. Oleh karena itu, mari kita jaga pohon kelapa sawit dengan sebaik-baiknya. Jangan merusak atau menebang sembarangan pohon kelapa sawit tanpa seizin pemerintah atau pengelola.

Bukan hanya tanaman kelapa sawit, melainkan tanaman lainnya juga tidak boleh asal tebang saja. Karena selain bisa merusak keseimbangan ekosistem dan lingkungan, juga bisa mengganggu satwa-satwa disana.

Sawit Kuat, Indonesia Hebat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel